Kamis, 13 September 2012

MEDIA PROMOSI OUTDOOR

Media promosi outdoor misalnya baligho atau billboard harus memiliki angka kekuatan dan kenyamanan yang tinggi.  Hal ini dikarenakan letaknya yang berada di ruang publik ( pinggir jalan atau melintang jalan ),  sehingga sangat berpengaruh bagi masyarakat pengguna jalan terutama pada keamanan atau bahaya yang mungkin saja terjadi sewaktu-waktu.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada pembangunan konstruksi media promosi outdoor :
1. Penyelidikan Kekuatan Tanah
( Kekuatan tanah akan sangat berpengaruh pada kontruksi yang akan dibangun,  karena tanah adalah tempat pijakan pondasi kontruksi yang secara langsung memikul semua beban yang ada di atasnya. Jadi penyelidikan tanah tidak bisa disepelekan begitu saja atau berdasarkan pengalaman semata. Karena kekuatan daya dukung tanah yang berbeda, serta struktur tanah yang ada di sini (lampung khususnya) sangat labil jika kita melihat lebih jauh dari posisi geografis.
Penyelidikan kekuatan tanah juga dilakukan berbeda pada jenis-jenis tanah dan daerah yang akan diselidiki. Agar hasil yang didapat seakurat mungkin, sehingga kita mendapatkan posisi yang aman untuk membangun pondasi yang diteruskan untuk kontruksi di atasnya.
Rumitnya penyelidikan kekuatan tanah untuk kontruksi, sehingga banyak para pihak perusahaan advertising yang mengesampingkan tahapan ini. Kedalaman pondasi hanya berdasarkan pengalaman semata atau berdasarkan bangunan yang ada di dekatnya.
2. Konsrtuksi Beton Bertulang
Selanjutnya adalah kontruksi beton bertulang, dalam hal ini diperuntukan untuk pondasi telapak. Pembangunan kontruksi beton bertulang harus memenuhi standart yang diwajibkan. Mulai dari bahan beton ( air yang tidak mengandung partikel2/lumpur yang mengganggu, semen dan batu spleet), komposisi adukan sampai baja untuk pondasi baik kekuatan ataupun dimensinya.
Baja yang digunakan harus benar-benat merupakan hasil dari perhitungan teknik yang akurat dan mampu memikul beban-beban kontruksi, beban angin, grafitasi dan berat kontruksi itu sendiri.
Kesalahan dalam menentukan dimensi dan kekuatan baja serta beton yang akan dibangun dapat berakibat fatal pada kontruksi dan terutama keselamatan untuk umum.
3. Design Kontruksi
Design kontruksi media promosi memang sangat diperlukan, hal ini biasanya dapat mewakilkan seni dan budaya mayarakat daerah tersebut (terutama penambahan ornament, simbol atau lambang suatu daerah) atau design yang dibuat semenarik mungkin dengan penambahan lampu serta yang lainnya. Dalam hal ini nantinya diharapkan akan menarik pihak client/perusahaan yang akan bekerja sama dalam pemasangan iklan.
Design yang di buat harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
a. Letak konstruksi
Harus disesuaikan dengan kondisi yang ada dimana kontruksi itu akan di bangun, sehingga tidak mengganggu kepentingan umum lainnya.
b. Tinggi minimum dan batas maksimum yang diperbolehkan
Kontruksi dibangun berdasarkan tinggi maksimum kendaraan dengan muatan yang akan lewat di bawahnya.
c. Jaringan-lain yang berseinggungan atau yang ada di dekatnya. Misalnya : PLN dan Telkom
4. Pengawasan dan Perawatan Kontruksi
Pengawasan sangat diperlukan, terutama pada saat pembangunan konstruksi. Sehingga tidak terjadi penyimpangan dalam penggunakan bahan yang diwajibkan dan teknis pembangunan yang tetap menegedepankan kepentingan umum.
Sedangkan untuk perawatan, pihak perusahaan wajib melakukan perawatan secara berkala dan kontiniu selama kontruksi tersebut masih berdiri. Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dan dapat dideteksi sedini mungkin. Jika terjadi kerusakan pada konstruksi dapat segera di ambil tindakan untuk segera diperbaiki.
5. Perizinan, Pajak dan Sewa Lahan
Sebelum sebuah konstruksi media promosi outdoor dibangun. Hal pertama yang harus dilakukan adalah pengurusan izin pada Dinas Tata Kota, Badan Penanaman Modal dan Perizinan serta Sewa Lahan untuk lokasi yang akan digunakan.
Besarnya biaya perizinan dan pajak yang dikenakan sebuah kontruksi berbeda-beda tergantung letak, design/ukuran dan waktu yang direncanakan. Sedangkan untuk sewa lahan besarnya tergantung pada pemilik lahan, hal ini bisa dinegosiasikan karena sifatnya tidak mengikat dan tidak ada ketentuan yang mengatur. Jika tidak di dapat izin untuk sewa lahan pada lokasi yang akan di bangun, untuk pengurusan izin dan pajak tidak bisa direalisasikan.
6. Peraturan Daerah
Sebuah kontruksi media outdoor harus mematuhi ketentuan-ketentuan Peraturan daerah yang berlaku di tempat konstruksi itu berdiri. Baik dari tata letak, perpanjangan izin dan peraturan lainnya yang sifatnya mengikat.
Hal yang selama ini belum diatur adalah berapa kali izin sebuah kontruksi itu dapat diperpanjang jika dalam satu kali perpanjangan berlaku untuk 2 tahun. Tentu saja ini berpengaruh pada umur rencana sebuah kontruksi dan nantinya akan berpengaruh pada layak atau tidaknya sebuah kontruksi tersebut masih digunakan bila umurnya telah mencapai sepuluh tahun. Tentu saja ini sangan beresiko untuk keselamatan, apakah harus di bangun ulang atau masih tetap dipertahankan?
7. Asuransi
Asuransi keselamatan adalah suatu hal yang wajib dalam pembangunan sebuah kontruksi outdoor. Asuransi diperlukan untuk menjamin apabila terjadi keruntuhan kontruksi dan mengganti kerugian pihak-pihak yang terkena dampaknya. Terkecuali pada hal-hal yang dimana asuransi tersebut tidak berlaku, misalnya ; bencana alam, perang dan huru hara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar